Macam2 penyakit dijantung

Berbagai Macam Penyakit Paru-Paru

Oleh: adhi on Oct 03, 2012

penyakit pada paru-paru

Paru-paru Merupakan salah satu organ yang sangat penting karena berfungsi sebagai pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari udara bebas kedalam tubuh dan sebaliknya

Sebuah penyakit yang sering dirasakan oleh orang-orang yang menderita batuk-batuk, sesak nafas, dan berbagai rasa sakit yang ada di dalam dada mengindikasikan bahwa anda terkena penyakit paru-paru. Penyakit tersebut sendiri biasanya di akibatkan oleh berbagai macam hal seperti pola hidup yang tidak sehat, serta faktor lingkungan tempat tinggal yang tidak bersih.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit paru-paru ada berbagai macam ragam, namun yang harus anda ketahui bahwa anda perlu mengenali istilah-istilah kedokteran dan gejala-gejala yang timbul dari penyakit tersebut. Berikut sedikit dari berbagai penyakit paru-paru yang ada:

#1 Tuberkulosis (TBC)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dimana penyakit ini ditularkan melalui percikan air ludah saat penderita sedang batuk. Mycobacterium tuberculosis dapat menyebar melalui darah maupun kelenjar getah bening yang memungkinkan untuk menyerang berbagai macam organ seperti paru-paru, otak, ginjal, tulang dan lainnya namun yang paling lazim terserang adalah paru-paru. Dan untuk pengobatannya membutuhkan waktu yang lama karena bakteri penyebab TB merupakan bakteri tahan asam tetapi saat ini obat TB sudah tersedia di puskesmas secara gratis.

Gejala: Peningkatan suhu badan yang tidak terlalu tinggi disertai dengan batuk-batuk lebih dari tiga minggu, penurunan nafsu makan dan penurunan berat dadan dan merasa lemah (malaise).

#2 Asma
Asma adalah gejala-gejala sesak nafas yang terjadi akibat penyempitan saluran pernafasan di tenggorokan karena alergi atau rangsangan tertentu. Uniknya lagi adalah penyakit ini dapat diturunkan/diwariskan kepada keturunan selanjutnya. Penyebab asma sendiri antara lain adalah alergi terhadap sesuatu misalnya debu, serbuk sari, bulu binatang, asap, makanan, dan udara dingin. Faktor lain yang juga bisa mempengaruhi seperti kecemasan, stres dan olahraga. Gejalanya sendiri seperti sesak nafas yang mengeluarkan suara mengi dan sulit untuk beristirahat.

#3 Bronkitis
Penyakit ini disebabkan oleh peradangan pada saluran pernafasan di paru-paru (bronkhus) yang diakibatkan oleh virus dan kuman. Gejala bronkhitis seperti batuk yang mengeluarkan dahak berwarna kuning serta sesak nafas. Paling sering dikarenakan asap rokok dan bisa juga karena infeksi berulang, atau paparan lama terhadap zat polutan.

#4 Pneumonia
Pneumonia adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada jaringan paru yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Gejala yang sering timbul antara lain sesak nafas, demam tinggi, dan batuk yang terus menerus, nafsu makan berkurang, sakit kepala, menggigil, mual muntah kaku otot dan kaku sendi.

#5 Emfisema
Emfisema adalah jenis penyakit paru obstruktif kronik terjadi kerusakan pada kantung udara (alveoli) di paru-paru. Alveoli adalah kantung udara di paru-paru di mana oksigen dan karbon dioksida dipertukarkan. Saat terjadi kerusakan pada alveoli maka pertukaran oksigen dan karbondioksida menjadi lebih sedikit sehingga membuat penderitanya sulit bernafas. Penderita mengalami batuk kronis dan sesak napas. Penyebab paling umum adalah merokok. Meskipun kerusakan paru yang terjadi tidak dapat dikembalikan tetapi berhenti merokok dapat memperlambat perkembangan penyakit

#6 Kanker paru-paru
Merupakan sel yang tumbuh secara tidak terkendali pada sel paru-paru yang dapat berdampak fatal pada penderitanya. Kanker paling sering dari paru-paru sendiri tetapi bisa dari penyebaran kanker dari organ lain. Kanker paru masih menjadi penyebab kematian yang tinggi pada penyakit kanker. Rokok menjadi penyebab utama kanker paru pada 90% pria dan 70% wanita dengan kanker paru.

Selain enam penyakit paru-paru diatas ada banyak penyakit pernapasan lainnya seperti pneumothoraks, efusi pleura, asbetosis, penyakit paru akibat kerja dan masih ada beberapa yang lain. Untuk menjaga paru-paru agar senantiasa sehat lakukan pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan makan makanan seimbang serta menghindari rokok, bahan kimia dan polutan yang ada di udara.

saran:maka dari penjelasan diatas sayangijantung mu mulai dari sekarang atau tidak sama sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s